Mengatasi Kebiasaan Belanja yang Berlebihan

Belanja merupakan kegiatan yang disenangi hampir setiap orang. Apalagi para wanita yang bisa – bisa menjadikan belanja ini sebagai hobi dan menjadi hiburan tersendiri. Tidak jarang jika orang yang ingin belanja dengan niat untuk membeli 1 barang, akhirnya malah asik sendiri hingga ujung – ujungnya malah beli lebih dari 1 barang. Terlebih lagi, barang “tambahan” yang dibeli itu tidak sesuai dengan kebutuhan, hanya karena melihat barang cantik, eh langsung dibeli. Wah bisa gawat loh jika memiliki kebiasaan seperti itu.

Efek Buruk Yang Ditimbulkan Jika Belanja Berlebihan

Berhati – hati dalam belanja perlu dilakukan. Jangan sampai Anda menjadi salah satu orang yang kecanduan belanja. Biasanya orang yang kecanduan belanja akan sering memiliki hasrat yang tidak dapat ditahan untuk membeli barang secara berlebihan. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi keuangan Anda. Bahkan bisa menjadi masalah di dalam keluarga. Bahayanya, orang yang kecanduan belanja ini tidak menyadari bahwa dirinya memiliki masalah dalam kecanduan belanja. Ia akan berpikir bahwa belanja banyak adalah hal yang wajar dan menyenangkan. Orang yang kecanduan belanja ini memiliki obsesi untuk belanja setiap minggu, bahkan bisa saja belanja setiap hari. Selain itu, orang yang kecanduan akan menghabiskan waktu untuk melihat – lihat barang yang kemudian dibeli hingga melampaui kemampuan finansial. Tidak jarang orang yang kecanduan belanja membeli barang yang tidak sesuai kebutuhan hingga barang tersebut tidak terpakai dan akhirnya menyesal serta merasa bersalah karena sudah belanja terlalu banyak. Namun, hal itu tidak akan berlangsung lama, karena di kemudian hari pasti akan belanja lagi.

Tips Belanja Anti Boros

Kecanduan belanja bisa ditimbulkan karena sebelumnya memiliki kebiasaan tidak bijak dalam belanja. Anda bisa menghindari hal tersebut agar tidak terjadi pada Anda. Boros adalah hal utama yang bisa menyebabkan Anda kecanduan belanja. Oleh sebab itu perlu mengetahui beberapa tips agar tidak boros dalam belanja. Berikut adalah tips belanja anti boros yang bisa Anda ikuti.

  1. Buat rencana dan list kebutuhan sebelum belanja.

Biasakan sebelum belanja Anda membuat rencana dan list apa yang ingin Anda beli sebelum belanja. Dengan cara membuat rencana dan list kebutuhan sebelum belanja, bisa membuat Anda fokus untuk mencari kebutuhan yang ingin Anda beli serta menghindari membeli barang tidak terencana. Namun, perlu diperhatikan pula ketika Anda membuat rencana dan list kebutuhan. Anda harus mengerti barang untuk kebutuhan dan keinginan Anda. Karena terkadang apa yang Anda inginkan hanya semata – mata melihat kecantikan dari barang tersebut. Tidak jarang barang yang dibeli akhirnya malah tidak berguna.

  1. Jangan tergiur dengan barang diskon

Eits, bukan berarti Anda tidak boleh belanja barang diskonan. Justru Anda harus pintar – pintar mencari dan membeli barang kebutuhan Anda yang sedang diskon. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan belanja secara berlebihan mentang – mentang banyak diskon di tempat perbelanjaan. Anda harus menahan hasrat untuk belanja ketika diskon sedang ada dimana – mana. Anda sama saja akan boros, karena belanja tidak sesuai rencana dan barang yang Anda butuhkan. Memang, diskon bisa membuat orang kalap. Namun jika Anda bisa fokus dengan rencana apa yang Anda butuhkan, Anda pasti bisa menahan agar tidak belanja berlebihan. Jangan tergiur dengan iming – iming harga miring, Anda harus tetap belanja sesuai dengan list kebutuhan Anda agar tidak membuat pengeluaran Anda membengkak.

  1. Gunakan uang tunai dan membawa uang sesuai kebutuhan

Membuat list kebutuhan belum cukup. Anda harus membawa uang sesuai dengan list. Anda bisa saja tergiur ketika melihat barang lain di luat list kebutuhan Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu pintar mengatur keuangan Anda. Anda harus mengetahui kira – kira harga barang yang Anda beli. Jangan membawa uang berlebihan. Selain itu, gunakan uang tunai. Hindari penggunaan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit akan sulit untuk mengontrol Anda dalam belanja karena merasa bebas untuk belanja apa saja. Selain menggunakan uang tunai, Anda juga bisa menggunakan kartu debit. Hal itu dapat membuat Anda berhati – hati dalam menjaga pengeluaran Anda setiap belanja.

  1. Mengumpulkan bon belanja

Walaupun sedikit merepotkan, hal ini dapat membantu Anda untuk mengevaluasi pengeluaran Anda setiap bulannya. Anda bisa membandingkan pengeluaran Anda pada bulan sebelumnya, sehingga jika pengeluaran Anda membengkak, Anda bisa tahu berarti Ada yang salah ketika Anda belanja.

Belanja memang mengasyikkan. Namun jangan jadikan rutinitas Anda ini sebagai sumber masalah yang bisa membuat dampak buruk bagi kehidupan Anda. Bijak dalam membeli barang sesuai kebutuhan merupakan kunci utama agar Anda tidak boros. Anda bisa mengikuti beberapa tips belanja anti boros agar Anda bisa lebih bijak dalam belanja.

Share