Terapkan Metode Belanja Hemat Agar Uang Gaji Tidak Cepat Habis

Siapa yang bisa menayngkal jika tanggal gajian merupakan salah satu tanggal paling dinanti dan menyenangkan didunia. Setiap tangga 1 atau akhir bulan tiba rasanya semua penat dan lelah saat bekerja menguap ke udara. Menerima gaji masuk ke dalam rekening menandakan akan kebebasan untuk belanja barang – barang yang sudah lama kamu idam – idamkan. Namun seperti siklus di hidup lainnya, kebahagiaan karena gaji yang baru saja kamu dapatkan akan berubah seketika jika kamu tidak berhati – hati dalam menggunakannya.

Apakah kamu salah satu dari korban yang sering kehabisan uang sebelum tanggal gajian datang? Sering sekali bingung mengapa uang gajian cepat habis? Jika kamu merasa masuk dalam kategori ini, tips – tips belanja hemat ini cocok untuk kamu terapkan di kehidupanmu.

  1. Setiap tanggal gajian akan tiba, sebaiknya tahan hasrat belanjamu dengan membuat list kebutuhan yang harus kamu bayar saat gajian tiba.

Salah satu  sebab kamu sering kalap belanja ialah karena kamu merasa mempunyai banyak uang yang bisa dugunakan di dalam rekeningmu. Efek psikologis setelah menerima gajian membuat kamu merasa menjadi orang kaya, dikarenakan rekening terisi penuh oleh uang gajian. Dampak dari rasa inilah yang mengakibatkan kamu bisa menjadi impulsif memesan barang – barang online shop, menggunakan pembayaran dfebit sana – sini di mall karena merasa banyak uang.

Agar nafsu belanja kamu tidak lagi muncul, biasakan untuk membayar semua tagihan setelah menerima gajian. Setelah kamu menerima gajian, sebaiknya langsung pisahkan sejumlah uang untuk kebutuhan rutin lainnya. Misalnya untuk bayar kos, uang makan satu bulan, cicilan kendaraan, biaya beli pulsa.

  1. Menetapkan tanggal sebagai hari belanja pribadi

Agar proses belanja kamu semakin terarah, tetapkan juga tanggal yang menjadi tanggal belanja setiap bulannya. Pada hari itulah kamu bebas belanja untuk membeli kebutuhan rutin bulanan dan boleh juga membeli barang atau produk idaman denagn uang yang masih tersisa. Buatlah satu hukum tak tertulis jika terdapat barang yang lupa kamu beli pada hari itu yang mana harganya diatas 100 ribu, maka kamu harus bertahan tidak membelinya selama satu bulan.

Denagn begitu uang kamu akan lebih aman dari pengeluaran –  pengeluaran mendadak. Saiasat tersebut akan membatu kamu menjauh dari kunjungan kurang penting lainnya, yang membuat kamu sering tergoda dengan membeli barang – barang yang kurang penting.

  1. Pergi belanja saat perut kamu kenyang

Sebuah penelitian yang telah dilakukan di university of minnesota menunjukan jika mereka yang pergi belanja dengan perut kosong cenderung akan lebih impulsif dalam menentukan pilihan barang – barang belanjaan. Rasa lapar ternyata juga bisa berubah menjadi hasrat untuk mengambil apa saja yang terlihat di depan mata.

Agar hal – hal tersebut tidak terjadi, mka pastikan perut kamu terisi sebelum pergi ke toko atau supermarket. Perut yang terisi akan membuat kamu ber[ikir lebih jernih dalam memutuskan mana barang yang kamu butuhkan dan mana yang tidak kamu butuhkan.

Selain itu juga kamu harus sadar akan keteguhan hati jika belum cukup teruji jangan seklali – kali membiarkan diri berbelanja dengan trolley, Pakailah keranjang utnuk lebih mudah.

  1. Mengikuti daftar belanja yang telah dibuat

Agar kamu tidak lapar mata, usahakan proses belanja kamu sesuai denagn daftar belanja yang telah kamu buat sebelumnya. Jika kamu bisa mengikuti daftar belanjaan tersebut maka dompet kamu bisa terselamtkan sampai akhir bulan.

  1. Memilih supermarket besar dan lengkap

Jika kamu sudah siap dengan daftar belanjaan yang harus kamu beli dai jauh – jauh hari, akan tetapi saat sampai di supermarket ternyata barang – barang tersebut tidak tersedia. Otomatis kamu harus pindah ke supermarket lainnya.

Tentunya hal itu akan menambah pengeluaran lain, kamu akan mengeluarkan biaya tambahan berupa transportasi lebih. Belum lagi menyita waktu lebih banyak dari yang seharusnya. Oleh karena itu sebaiknya kamu pilh supermarket yang lebih besar dan lengkap agar memnuhi kebutuhan produk yang kmau cari.

  1. Membeli produk dalam kemasan besar

Mungkin saat ini kamu membeli keperluan barang atau produk eceran terasa ringan. Akan tetapi pada dasarnya justru hal tersebut mmebuat kamu boros. Karena produk dengan kemasan kecil tentunya akan lebih cepat habis. Sementara itu, dari jenis – jenis produk yang sama dengan kemasan yang lebih besar maka kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama. Sedangkan harganya juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan kemasan – kemasan kecil jika digabungkan.

Untuk keamanan uang belanja bulanan kamu, membeli make up atau pakaian secara onlien bisa kamu coba sebagai siasat. Namun, kamu jangn lapar mata sehingga memesan lebih banyak dari yang kama butuhkan.

Share