Tips Belanja Online dengan Aman

Keberadaan ponsel android rupanya membuat kemudahan di berbagai hal dalam kehidupan masyarakat. Dengan akses internet yang kian mudah didapat Anda kini bisa melakukan banyak hal secara online bahkan tanpa perlu pergi kemana pun. Salah satu hal yang banyak dilakukan oleh masyarakat masa kini adalah untuk berbelanja online.

Belanja online kini menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja segala macam hal. Dari mulai kebutuhan harian, pakaian, kebutuhan dapur hingga berbagai barang elektronik pun tersedia. Ada banyak sekali toko online hingga market place yang bisa Anda gunakan untuk tempat berbelanja online. Namun perlu diingat bahwa berbelanja online perlu dilakukan dengan sangat hati-hati.

Beberapa Tips Untuk Belanja Online Dengan Aman

Banyak kasus terjadi pada kegiatan belanja online dimana ada penipuan yang dilakukan pada pembeli belanja online. Seperti misalnya kasus barang tak kunjung dikirim meski sudah melakukan pembayaran, barang yang dikirim tak sesuai deskripsi hingga jumlah barang pesanan kurang. Untuk itulah sangat penting untuk bisa melakukan cara belanja online dengan aman. Bagaimana caranya?

  1. Gunakan market place atau website ternama

Untuk berbelanja online ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah dengan menggunakan toko online, website online shop atau market place. Menurut pengalaman penulis, menggunakan market place jauh lebih aman ketimbang menggunakan website atau toko online yang ada di internet. Namun jikalau terpaksa Anda harus menggunakan toko online, website atau market place maka sebaiknya pilih yang sudah terkemuka, terpercaya dan dikenal bagus kredibilitasnya.

  1. Baca ketentuan hak dan kewajiban pembeli

Setiap toko online, website atau market place pastinya memiliki ketentuan tersendiri terkait hak dan kewajiban yang dimiliki oleh pembeli. Hal tersebut mau tidak mau harus diterima dan dipatuhi selama melakukan kerja sama jual beli online. Oleh karena itu sebelum Anda melakukan transaksi akan lebih baik jika Anda membaca dengan teliti apa yang menjadi hak dan kewajiban dari pembeli.

  1. Baca deskripsi produk dengan teliti

Sering kali terjadi pengiriman produk yang tak sesuai denganĀ  perkiraan pembeli. Sebenarnya dalam hal ini ada dua kemungkinan yaitu pembeli tak membaca dengan seksama deskripsi yang tercantum di dalam toko online atau penjual yang memang ingin mendapatkan untung dengan mengirimkan barang dengan kualitas berbeda dengan yang ditawarkan. Maka deskripsi yang ada di toko online menjadi satu hal penting yang harus Anda perhatikan dan baca dengan teliti. Lihat apakah produk yang nantinya dikirim sesuai dengan yang ada di foto atau tidak? Perhatikan juga harga yang tercantum apakah merupakan harga satuan atau harga per berapa pcs sehingga dipastikan Anda tak tertipu di dalamnya.

  1. Pilih seller dengan riwayat reputasi yang baik

Ada banyak seller yang memiliki gelar seller terbaik, meski begitu bukan berarti seller lainnya tak terpercaya untuk melakukan jual beli online dengan Anda. Nah agar supaya transaksi jual beli online yang Anda lakukan aman dan nyaman sebaiknya pilih seller yang benar-benar terpercaya dan memiliki riwayat transaksi yang baik selama toko beroperasi. Seller yang baik biasanya akan terpercaya dalam mengirimkan produk sesuai dengan pesanan, selain itu mereka juga akan lebih responsif terhadap berbagai pertanyaan atau komplain yang datang pada mereka.

  1. Hindari gunakan akses WiFi umum

Jika Anda terbiasa untuk menggunakan akses wifi di wilayah umum sebaiknya kecualikan untuk kebutuhan belanja online. Jadi jika Anda ingin berbelanja online, sebaiknya gunakan data internet atau akses wifi pribadi untuk lebih amannya. Karena untuk akses wifi umum sangat rentan terjadi pencurian data sehingga kemungkinan besar terjadi kebocoran data bank yang ada dalam akun belanja online bisa terjadi.

  1. Gunakan rekening bersama

Ingin melakukan transaksi belanja online dengan lebih aman? Pastikan untuk menggunakan layanan rekening bersama. Saat ini di market place terpercaya sudah menggunakan sistem rekening bersama demi keamanan dan kenyamanan kedua belah pihak baik pembeli atau penjual. Dengan rekening bersama maka dana yang dikirimkan belum akan dilepas ke penjual selama pembeli belum menerima produk pesanannya atau terdapat keluhan pada pesanannya.

  1. Buka paket dan biasakan untuk merekamnya dengan video

Banyak penjual online yang mensyaratkan adanya rekaman video yang menunjukkan saat paket dibuka. Hal ini sebenarnya sangat bermanfaat jika ternyata terjadi kasus salah kirim produk, atau produk yang dikirim tak berfungsi sebagaimana mestinya. Maka biasakan untuk membuat rekaman video unboxing paket yang dikirimkan terutama jika paket berisi produk elektronik mahal.

  1. Simpan bukti transaksi

Jangan lupa untuk selalu menyimpan bukti transaksi belanja online yang Anda lakukan. Seperti yang diketahui bahwa setiap toko online atau market place akan selalu menyertakan data invoice pesanan sesuai dengan apa yang dipesan pembeli. Selalu pastikan untuk menyimpannya dengan baik jikalau sewaktu-waktu bukti itu Anda butuhkan.

Belanja Online Di Market Place Ternama Lebih Aman Dan Terpercaya

Beberapa hal yang disebutkan di atas memang merupakan berbagai tips berbelanja yang bisa Anda gunakan untuk bisa berbelanja online dengan aman dan terpercaya. Namun untuk Anda yang ingin berbelanja online dengan lebih mudah dan amanĀ  sangat direkomendasikan untuk menggunakan market place ternama yang ada di Indonesia. Mengapa? Karena di market place jumlah seller yang ada sudah banyak sekali dengan berbagai macam produk kebutuhan masyarakat masa kini.

Alasan yang kedua, selain menggunakan rekening bersama dengan menggunakan market place Anda juga bisa menggunakan akun dompet online yang mana Anda bisa menyimpan dana belanja Anda di market place tersebut. Tentunya hal ini lebih mempermudah pembeli untuk melakukan pembayaran tanpa harus bolak balik ATM untuk melakukan transfer dana.

Share