Tips Cerdas Belanja Kebutuhan Hari Raya

Seakan sudah menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan setiap orang jika mendekati Hari Raya pasti akan banyak membutuhkan banyak hal untuk merayakannya. Entah itu kebutuhan untuk dapur, kebutuhan pakaian, kebutuhan untuk menghias rumah hingga memberikan uang THR untuk keluarga, karyawan hingga lainnya. Untuk itu belanja kebutuhan Hari Raya menjadi fokus yang harus diperhatikan dengan baik.

Jika Anda tak melakukan persiapan belanja untuk kebutuhan Hari Raya dengan baik maka dampaknya adalah budget belanja akan melebihi anggaran serta apa yang Anda beli mungkin tak sesuai dengan apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Karena itulah mengingat pentingnya untuk mempersiapkan dengan baik, berikut akan Kami ulas tentang tips cerdas dalam melakukan belanja kebutuhan khusus Hari Raya secara hemat.

Tips Cerdas Belanja Kebutuhan Hari Raya Dengan Hemat Anggaran

Banyak kebutuhan yang ada di persiapan Hari Raya. Namun hal itu benar-benar harus Anda perhitungkan secara matang agar supaya Anda bisa melewati Hari Raya tanpa berhutang atau justru mengorbankan anggaran untuk pos belanja lainnya yang lebih urgent sifatnya. Berikut beberapa macam tips yang bisa Anda gunakan agar bisa berbelanja kebutuhan Hari Raya secara hemat anggaran.

  1. Menulis daftar kebutuhan lebaran yang utama

Tips yang pertama adalah dengan membuat daftar barang kebutuhan yang utama di dalam persiapan Hari Raya. Misalnya untuk kebutuhan dapur, pakaian, dekorasi rumah hingga untuk anggaran THR pun harus ditulis secara terperinci. Sesuaikan anggaran dengan uang THR atau uang persiapan Hari Raya yang Anda miliki. Lakukan alternatif pilihan belanja jika ternyata anggaran yang dibutuhkan tak mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan belanja.

  1. Belanja sebelum waktu lebaran

Menurut survey yang dilakukan, bahwa menjelang Hari Raya jumlah orang yang melakukan kegiatan belanja jauh lebih banyak ketimbang mereka yang berbelanja jauh hari sebelumnya. Nah untuk mengantisipasi naiknya harga dan stok barang yang mungkin menipis maka sebaiknya lakukan belanja pada waktu sebelum Hari Raya. Misalnya lakukan beberapa bulan sebelum Hari Raya, hal itu akan membantu Anda untuk bisa mengelola dengan baik anggaran belanja yang ada.

  1. Pisahkan budget belanja

Setelah Anda membuat daftar belanja tentunya akan lebih mudah untuk memisahkan budget belanja yang Anda miliki. Tujuan dari memisahkan budget belanja adalah agar supaya budget untuk belanja satu sama lain tak bercampur yang berakibat terpenuhinya kebutuhan di satu pos, namun pada pos lainnya ternyata banyak yang tercecer. Sehingga benar-benar harus dilakukan pemisahan agar supaya kegiatan belanja Anda tak melenceng dari jalurnya.

  1. Pilih produk jauh hari

Saat ini untuk berbelanja kebutuhan Hari Raya sudah sangat terbantu dengan adanya market place untuk berbelanja secara online. Selain Anda bisa mendapatkan barang atau produk yang Anda butuhkan dengan mudah, cepat, hemat waktu dan tenaga. Anda juga bisa mendapatkan harga yang paling murah dibandingkan harga toko, apalagi sekarang banyak market place yang memiliki layanan gratis ongkos kirim yang bisa Anda manfaatkan.

Nah jika Anda memiliki banyak waktu untuk berbelanja, maka lakukan pemilihan produk secara bertahap. Pilih yang sekiranya sesuai dengan keinginan, kebutuhan serta anggaran yang dimiliki. Masukkan terlebih dahulu produk di keranjang belanja Anda untuk suatu waktu Anda check out untuk melakukan transaksi lebih lanjut. Dengan demikian Anda bisa melakukan belanja online dan pemilihan produk terbaik yang bisa Anda beli secara online.

  1. Gunakan layanan diskon dan cashback

Tahukah Anda bahwa saat ini berbelanja online lebih banyak menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan mereka. Bukan saja untuk mendapatkan harga termurah, hemat waktu serta tenaga yang dimiliki. Namun juga untuk bisa mendapatkan diskon dan cashback yang tersedia. Bisa dibilang ada banyak bonus saat berbelanja secara online.

Diskon yang didapat umumnya diberlakukan pada toko tertentu dan program yang dimiliki oleh setiap market place. Sedangkan untuk cashback, umumnya bisa didapat semua pembeli sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

  1. Fokus pada satu merk

Umumnya kebanyakan orang akan kalap berbelanja kebutuhan Hari Raya karena ada banyaknya pilihan yang tersedia. Untuk mengantisipasinya Anda bisa melakukan pemilihan produk yang terbatas hanya pada satu jenis merk saja. Sehingga meski ada model atau varian baru dari merk lainnya Anda tak akan tergoda dan justru membeli sesuatu yang mungkin tak begitu urgent untuk dipenuhi.

Ingat, Jangan Gunakan Semua Anggaran Thr Untuk Berbelanja

Biasanya banyak orang yang berpikir untuk maksimal dalam berbelanja khusus untuk kebutuhan Hari Raya. Dengan dalih hanya satu tahun sekali atau hanya pada hari yang spesial saja. Namun perlu diingat bahwa setelah Hari Raya ada banyak hal yang juga mesti Anda penuhi kebutuhannya. Belum lagi jika Anda setiap bulannya memiliki kewajiban membayar tagihan rutin dalam jumlah yang cukup besar. Maka sebaiknya anggaran THR yang ada tak Anda habiskan dalam satu waktu itu saja.

Lalu bagaimana untuk memenuhi semua kebutuhan yang ada di Hari Raya jika Kita tak menggunakan semua anggaran yang ada. Pilih saja kebutuhan yang paling utama di antara semua daftar belanja kebutuhan Hari Raya. Misalnya saja untuk pakaian, mungkin diprioritaskan khusus untuk anak-anak yang mana membeli pakaian memang lebih sering karena pertumbuhan badan mereka yang lebih cepat ketimbang orang dewasa. Sedangkan untuk orang tua bisa menggunakan pakaian lama yang masih bagus dan istimewa.

Untuk kebutuhan dekorasi rumah juga bisa Anda alihkan dengan membuat dekorasi rumah secara DIY yang jauh lebih hemat dan justru membuat Anda dan keluarga lebih kreatif dalam mendesain rumah dalam rangka menyambut Hari Raya. Selain itu dekorasi juga pastinya terlihat lebih istimewa dan lain daripada yang lainnya.

Share